Langit Probolinggo dihiasi lampion Imlek

Indahnya Kota Probolinggo di malam hari

Dihiasinya Kota Probolinggo dengan beberapa Lampion Imlek menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kota Probolinggo, pasalnya Lampion Imlek ini sangat unik dengan bentuk bundar berwarna merah dan dipadu dengan lukisan ala imlek yang dipasang sepanjang Jl Dr Sutomo, Jl Suroyo, sebagian di Jl Soekarno-Hatta dan Jl Raya Panglima Sudirman. Lampion ini merupakan usulan serta dana swadaya sendiri dai Komunitas Tionghoa, namun pemasangan Lampion Imlek ini tidak berjalan mulus begitu saja karena pemasangan tersebut menuai kritik dari berbagai pihak. Persoalan keagamaan itu sangat privasi sehingga rawan menimbulkan kecemburuan. Lebih baik pemerintah tidak ikut-ikut, masih banyak persoalan masyarakat yang perlu uluran tangan pemerintah, namun hal tersebut langsung ditanggapi oleh Bapak Buchori selaku Walikota Kota Probolinggo mengatakan bahwa Lampu tersebut milik warga Tionghoa sendiri dan hanya dipasang di beberapa jalan saja.

Lagi pula pemasangan lampion itu juga bisa menambah estetika Kota Probolinggo baik di siang atau malam hari. Lampion tidak dipasang di seluruh penjuru kota, hanya di lokasi mayoritas pecinan. Selain itu pemasangan lampion juga persiapan menjelang kirab Cap Go Meh 28 Februari mendatang dan gelaran Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo).

“Seharusnya sebagai warga negara Indonesia harus mempunyai semangat kebersamaan. Termasuk menghargai semua hari besar keagamaan asalkan pemkot tidak menyeponsori. Tidak hanya di Kota Probolinggo, di kota besar lainnya juga sama seperti ini (pemasangan lampion). Bangsa ini plural. Gus Dur saja semangat pluralismenya seperti itu kok, kenapa kita tidak,” tangkis Bapak Buchori.

Sumber : – Jawa Pos| Pemasangan Lampion Jadi Soal

– Zonaberita.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: