Kota anggur…??? Anggur Probolinggo manis dan mudah tumbuh

Sebagaimana yang telah dikenal oleh masyarakat Kota Probolinggo bahwa Kota Probolinggo merupakan Kota yang terkenal dengan mangga dan anggur, nah kebanyakan apakah anggur yang diharapkan akan seperti anggur dibawah ini…??? Mari saya perkenalkan anggur Probolinggo kepada anda semuanya…

Oh tidak mungkin anggur kita seperti itu, namun seperti yang kita ketahui bahwa anggur Probolinggo mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Warna putih kekuning-kuningan ada juga yang berwarna ungu.
  2. Anggur khas probolinggo berbentuk bulat.
  3. Rata-rata ukuran anggur probolinggo panjang 2 cm dan diameter 1,5 cm.
  4. Ada lapisan tepung diluar kulit anggur.
  5. Daging warna putih kehijauan.
  6. Setiap buahnya anggur terdapat 2-3 biji warna kecoklatan.
  7. Dan yang pasti rasanya manis

Nah diatas merupakan ciri-ciri dari anggur probolinggo nah sekarang mari kita ulas untuk penanamannya…

  1. nah anggur probolinggo ini terkenal mudah tumbuh.
  2. butuh sinar matahari penuh, di point ini kota probolinggo menjadi kota ideal, dimana kota probolinggo ini merupakan kota pinggir pantai yang terkenal amat, sangat puanas. Curah hujan harus antara 250 – 380 mm per tahun
  3. untuk tanah bisa menggunakan ditanah apapun, namun untuk tanah yang kurang baik hendaknya diolah dahulu untuk hasil yang lebih baik.
  4. butuh air yang cukup banyak.
  5. media tanam >> bisa menggunakan pot besar (apabila digunakan sebagai tanaman hiasan), atau dibuatkan suatu media tanam yang membentang diatas agar posisi anggur bisa menjalar dengan baik, biasanya orang probolinggo menyebutnya dengan kata “anjang-anjang” yang kebanyakan terbuat dari bambu.

Nah diatas merupakan salah satu hasil anggur probolinggo yang berwarna kuning kehijauan.

Anggur merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat, oleh karena itu potensi buah anggur ini sangat besar untuk dikembangkan. Namun, disisi lain kebanyakan petani Probolinggo menganggap budidaya anggur ini hanya dijadikan sebagai sampingan saja dan lebih memilih menanam padi atau jagung sehingga, hasil budidaya ini berbanding jauh dengan kebutuhan masyarakat sendiri. Dari masalah diatas perlu adanya campur tangan dari pemerintah Kota Probolinggo untuk lebih mengembangkan budidaya anggur Probolinggo ini dan tak lupa juga partisipasi masyarakat untuk lebih memperluas potensi yang dihasilkan oleh anggur Probolinggo ini, semoga harapan kedepan Anggur Probolinggo bisa menjadi Anggur terbaik di Indonesia.

13 Tanggapan

  1. tolong beri info / alamat ,tlp,hp tentang bibit anggur probolinggo

  2. Ingin kursus budidaya anggur di bulan Juni ini antara tanggal18 sd. 26 Juni 2010 mohon keterangan alamat dan biaya untuk kursus 2 orang/3hari, terimakasih

  3. Mas adityo, saya ingin jual beli buah mangga dan anggur dari probolinggo. Bisa bantu? Mungkin bisa beri alamat san no tlp yang bisa dihubungi?

  4. Mohon kami dikirimkan alamat dan c/p pengelola anggur,kami ingin penjelasan yang lebid detail.

  5. Mohon informasi di mana bisa membeli bibit anggur dan studi lapangan untuk budidaya anggur. Saya tinggal di Gunungkidul, Yogyakarta.

    Salam dan hormat,
    A. Suyadi

  6. mohon info lebih lanjut tentang tempat budidaya anggur d probolinggo. karena sy butuh sekali untuk bahan skripsi,,
    terima kasih..

  7. salam..
    saat ini kami menjual CD dan buku panduan cara budidaya anggur yang benar. CD bukan berisi data atau ebook PDF, tetapi bagaimana prakteknya langsung dilapangan. jika berminat silahkan hubungi kami di 081911857815.

    terima kasih

  8. susah g ya nanam anggur tu?

    • nanam anggur ya ga susah cari aja cangkok’an anggurnya terus tinggal tanam, yang penting perawatannya dan jangan lupa cuaca saudara mendukung atau tidak.
      kalau anggur butuh air terus tapi juga butuh hawa panas.

  9. Saya mau tanya apa benar probolinngo sudah mempunyai wisata agro, yang telah di jelaskan di atas,,lalu bagaimana pengelolaan nya??

  10. maksud na tempat umtuk membeli, jika saya berada di semarang. apakah sudah didistribusikan secara luas? atau gharus pesan ke perkebunan na langsung? terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: